Kamis, 29 Agustus 2013

tugas SIM shuttle express dan pizza hut



 SISTEM INFORMASI PADA
SHUTTLE EXPRESS (FROM MANUAL TO COMUTER-BASED IS)
DAN
PIZZA HUT AND KFC (FAST FOOD INFORMATION SYSTEM)

Dosen :
                                      Prof. : Dr. Ir. Imam Suroso, Msc(CS)

Disusun Oleh :
1.         Abdi Suryawardana                P056121761.50
2.         Berto Siahaan                          P056121811.50
3.         Lessyana Destin                      P056121921.50
4.         Reynanda Mulya                     P056121951.50
5.         Winda Puspita Sari                 P056122041.50

KELAS R-50




PROGRAM PASCA SARJANA MANAJEMEN DAN BISNIS
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2013
I.      PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan. Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan. Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan. Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagai suatu sistem yang menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan. Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.
Bila informasi yang dibutuhkan kurang memadai, dalam kurun waktu tertentu organisasi/perusahaan tersebut akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya yang dimiliki, sehingga dalam hal pengambilan keputusan-keputusan yang strategis akan sangat terganggu, yang pada akhirnya akan kalah dalam persaingan dengan perusahaan lain dalam bisnis yang sama.
Shuttle Express merupakan suatu perusahaan di bidang transportasi, dan dalam kegiatan operasionalnya Shuttle Express mengubah sistemnya dari yang sebelumnya penggunaan sistem informasi hanya untuk internal kantor saja menjadi penggunaan untuk semua kegiatan bisnisnya termasuk kegiatan pemesanan yang dilakukan oleh seorang konsumen maupun banyak konsumen dalam suatu waktu yang bersamaan. Sebelum adanya sistem informasi tersebut, pencatatan pemesanan dari konsumen menggunakan media papan tulis biasa, namun dengan adanya sistem informasi proses pemesanan dapat dilakukan secara terintegrasi dari konsumen ke perusahaan secara online. Sehingga kegiatan operasional perusahaan Shuttle Express menjadi lebih efisien akibat dari penggunaan sistem informasi tersebut.

1.2. Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan paper ini adalah untuk mempelajari dan memahami sistem informasi pada jasa pelayanan antar jemput yaitu Shuttle Express.




















II.   TINJAUAN PUSTAKA

2.1  Sistem Informasi
Menurut Leitch (2004), sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Tujuan dari sistem informasi itu sendiri adalah untuk menyediakan informasi untuk membantu pengambilan keputusan manajemen, untuk membantu petugas didalam melaksanakan operasi perusahaan dari hari ke hari dan menyediakan informasi yang layak untuk pemakai pihak luar perusahaan.
Teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan (William, et al., 2005). Secara implisit dan eksplisit IT tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi. Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi. 

2.2  Komponen Sistem Informasi
Sistem informasi terdiri dari komponenkomponen yang disebut blok bangunan (building blok), yang terdiri dari komponen input, komponen model, komponen output, komponen teknologi, komponen hardware, komponen software, komponen basis data, dan komponen kontrol. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.



1. Komponen input
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapat berupa dokumendokumen dasar.
2. Komponen model
Komponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yag sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
3. Komponen output
Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.
4. Komponen teknologi
Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, neghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
5. Komponen hardware
Hardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sistem informasi. Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung  database atau lebih mudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar dan mempermudah kerja dari sistem informasi.
6. Komponen software
Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
7. Komponen basis data
Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).
8. Komponen kontrol
Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api, temperatur, air, debu, kecurangankecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itu sendiri, ketidak efisienan, sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa halhal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

Gambar 1 Interaksi sistem informasi

2.3  Elemen Sistem Informasi
Sistem informasi terdiri dari elemenelemen yang terdiri dari orang, prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen ini merupakan komponen fisik.
1. Orang
Orang atau personil yang di maksudkan yaitu operator komputer, analis sistem, programmer, personil data entry, dan manajer sistem informasi/EDP
2. Prosedur
Prosedur merupakan elemen fisik. Hal ini di sebabkan karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik seperti buku panduan dan instruksi. Ada 3 jenis prosedur yang dibutuhkan, yaitu instruksi untuk pemakai, instruksi untuk penyiapan masukan, instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer.
3. Perangkat keras
Perangkat keras bagi suatu sistem informasi terdiri atas komputer (pusat pengolah, unit masukan/keluaran), peralatan penyiapan data, dan terminal masukan/keluaran.
4. Perangkat lunak
Perangkat lunak dapat dibagi dalam 3 jenis utama :
a.       Sistem perangkat lunak umum, seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen data yang memungkinkan pengoperasian sistem komputer.
b.      Aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan.
c.        Aplikasi pernagkat lunak yang terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk setiap aplikasi.
5. Basis data
File yang berisi program dan data dibuktikan dengan adanya media penyimpanan secara fisik seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya. File juga meliputi keluaran tercetak dan catatan lain diatas kertas, mikro film, an lain sebagainya.
6. Jaringan komputer
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data.





III.           PEMBAHASAN

3.1  SHUTTLE EXPRESS: FROM MANUAL TO COMPUTER-BASED INFORMATION SYSTEM
Perjalanan anda ke kota Seattle hampir berakhir/selesai, anda telah menandatangani bisnis dan telah menghabiskan minum secangkir kopi espresso dan check out dari hotel, yang tinggal adalah mengejar mobil van ulang alik (shuttle) dari bandara dan terbang pulang kerumah. Kadang-kadang dipanggil dengan The Jet City, mobil van menuju ke bandara hanyalah hal terakhir yang mungkin anda harapkan sebagai suatu komponen tekhnologi tingkat tinggi.
Dua tahun yang lalu anda mungkin benar, tetapi sekarang tidak. Kembali selanjutnya, mobil van melayani konsumen shuttle untuk ShuttleExpress dipesan dan dikirimkan menggunakan seluruhnya manual sistem berbasis kertas. Mobil van dilacak menggunakan kapur papan tulis dan magnet untuk menampilkan route dari masing-masing mobil van.
Fred Taucher Chairman dan Chief executive officer dari Corporate computer, Inc. mengatakan bahwa kadang-kadang magnet mendesain mobil van tertentu telah berpindah/bergerak dan mereka terlambat menjemput, jadi ShuttleExpress akan memanggil taksi dengan biaya sendiri untuk membawa konsumen ke bandara.
Perusahaan seattle berbasis pengembangan software telah menempatkan kembali sistem kapur papan tulis dengan suatu sistem berbasis komputer yang dibangun dengan jaringan Personal Computer menggunakan paket Manajemen Data Base Microsoft Acces. Dasar dari jaringan itu menggunakan sistim operasi Windows NT.
Sistem reservasi ini menggunakan 12 NEC 486-berbasis Personal Computer dihubungkan dengan server AXP Alpha Equipment digital yang mempunyai 128 M byte RAM dan 4 Hardisk 1,2 G-byte, ada lagi 4 personal komputer NEC 486 untuk mengirimkan sistem yang dapat juga ganda seperti sistem reservasi, jika pengecualian pada waktu sibuk.
Menurut pejabat ShuttleExpress : ShuttleExpress didirikan pada tahun 1987, komputerisasi reservasinya dan sistim pengiriman mobil van berjalan sangat lancar. Hampir semua sistem diselesaikan dalam jangka waktu enam bulan. “..Satu rahasia dari berhasilnya sistem keberhasilan pengembangan dan proses penyebaran adalah bahwa ShuttleExpress melibatkan orang yang akan menggunakan sistem tersebut..” berkata John Bartanen, satu dari pejabat pengirim perusahaan. ”..Saya menemukannya mudah untuk digunakan dan kita dapat membawa sekurangnya dua kali dari banyak orang saat ini dengan menggunakan sistem berbasis kertas,..” berkata Bartanen, yang tidak mempunyai pengalaman komputer sebelumnya ketika proyek ini dimulai. “..Setiap orang mempunyai kesempatan untuk memasukan input kedalamnya,..” Berkata John Hagen, Manajer support center dari ShuttleExpress.
Ketika konsumen memanggil nomor reservasi, seorang agen akan memasukan informasi yang relevan, termasuk lokasi penjemputan, tujuannya dan instruksi khusus kepada data base jasa konsumen. Bagian reservasi dari program akan menghitung biaya berdasarkan lokasi dan menghasilkan nomor konfirmasi reservasi. Banyak umumnya titik titik penjemputan di program terlebih dahulu bersama dengan arah dari para supir. Kemudian pengirim akan mengambil data reservasi dan menugaskan mereka untuk berangkat. Yang mana terdiri dari rangkaian dari penjemputan untuk mobil van khusus selama waktu periode tertentu. Satu kali keberangkatan dijadwalkan mereka akan dikirimkan ke masing-masing mobil van. Program Data Base Acces distel/format dengan memutar angka secara otomatis kepada pager alphanumeric para supir dan memberikannya semua fakta-fakta masing masing konsumen pada setiap keberangkatan, sejak system tersebut menjadi operasional perusahaan telah menangani lebih dari 695.000 reservasi. Rata rata sekitar 1.500 penumpang bepergian dari dan ke bandara setiap harinya dengan mobil van ShuttleExpress dengan jumlah hampir 75 (fotocopy tidak jelas).
“..Route mobil van biasanya memakan waktu delapan jam tetapi sekarang berkurang menjadi tiga jam dan biasanya menggunakan tiga orang pengirim setiap shift sekarang berkurang menjadi dua pada waktu pagi hari dan satu disiang hari, ..”. Haggen berkata.


Pertanyaan Studi Kasus.
1. Bagaimana Manusia, hardware, software, data resource, dan informasi berproduksi apakah anda mengenalnya di Shuttle Express ?
a. Manusia
Pada Shuttleexpress sumberdaya manusia adalah yang menggunakan dan menjalankan sistem informasi terdiri dari users dan spesialis. Users adalah semua orang yang menggunakan sistem informasi tersebut yaitu pegawai reservasi, pelanggan, sopir, dan manajer. Sedangkan spesialis yaitu supervisor dan operator adalah orang-orang yang mempunyai keahlian dalam menggunakan sistem tersebut. Untuk input, permrosesan dan output dilakukan oleh pegawai reservasi, pelanggan, dispatcher, sopir dan manajer tanpa melibatkan spesialis. Pada aktivitas penyimpanan dan kendali maka spesialais terlibat.
b. Hardware
Untuk hardware mesin digunakan 16 PC workstation 486 NEC, server : alpha digital AXP RAM 128, HDD 4 x 1,2 GB, magnetic disk drive dan printer. Netware yang digunakan adalah jaringan LAN, kertas bill dan document. Input, pemrosesan, output, penympanan dan kendali dilakukan oleh operator/agen-agen reservasi, supervisor (specialist), sopir, pegawai dan manajer.
c. Software, merupakan prangkat lunak sebagai berikut :
- Program : Windows NT
- MS Access : Program reservasi
d. Sumberdaya data
Data yang digunakan adalah data mobil van, data sopir, data pelanggan, waktu/jadwal dan lokasi trip serta data pegawai reservasi, data rute perjalanan dan tarif harga.
e. Produk Informasi
Produk informasi yang dihasilkan berupa data entry display, status display, bill/tagihan, konfirmasi jadwal, jadwal trip di pager, informasi di layar serta audio signal.

2. Apakah Sistem informasi, Input, Prosessing, Output, Storage dan kegiatan kontrol apakah anda mengenalnya di sistem ShuttleExpress ?
Shuttle Express menggunakan sistem informasi yang tediri dari input, prosessing, output dan kegiatan kontrol. Sumberdaya hardware dan netware terdiri dari mesin dan media. Mesin menggunakan input workstasion PC NEC, pemrosesan digital alpha server, workstasion PC NEC, Prosesor komunikasi. Output workstasion PC NEC, pager dan printer. Sedangkan penyimpanannya berupa magnetic disk drive dan kendali berupa server, pager, workstasion PC NEC. Sumberdaya hardware dan netware media menggunakan input dan pemrosesan jaringan LAN. Output berupa kertas bill, kertas laporan, sedangkan penyimpanannya berupa HDD 4 x 1,2 GB dan kendali berupa kertas dokumen serta laporan pengendalian. Sumberdaya software terdiri dari program dan prosedur. Program menggunakan input Windows NT dan program reservasi, pemrosesan Windows NT, program reservasi dan program dispatch. Output berupa program reservasi, program dispatch dan Windows NT. Sedangkan penyimpanannya berupa DBMS AESS dan Windows NT. Sumberdaya software berupa prosedur menggunakan input pemasukan data, sedangkan pemrosesan berupa transaksi reservasi dan dispatch. Output berupa penggunaan dan distribusi output, sedangkan penyimpanan dan kendali berupa prosedur koreksi.
Sumberdaya manusia terdiri dari spesialis dan pengguna. Sumberdaya manusia menggunakan penyimpanan dan kendali yang berupa supervisor operator. Input dari sumberdaya pengguna adalah pegawai reservasi dan pelanggan. Output berupa pegawai reservasi, dispatcher, pelanggan, sopir dan manajer, sedangkan penyimpanannya berupa pegawai dan kendali berupa pegawai, sopir, pelanggan dan manajer. Input, pemrosesan, output, penyimpanan dan kendali dari sumberdaya data adalah data van, sopir, data pelanggan, lokasi trip,data reservasi. Input dari produk informasi berupa data entry display, sedangkan pemrosesannya berupa status display dan kendali berupa bill, konfirmasi jadwal, jadwal trip di pager informasi di layar dan audio signal. Penggunaan teknologi informasi dapat memberikan keuntungan bagi Shuttle Express, antara lain :
a.       Mempermudah pelanggan untuk mengakses Shuttle Express
b.      Mempercepat perjalanan mobil van, biasanya memakan waktu 8 jam tetapi sekarang menjadi 3 jam.
c.       Mengurangi tenaga kerja semula 3 orang pengirim setiap shift, sekarang menjadi 2 orang pada waktu pagi hari dan 1 orang pada siang hari.




























Matriks Komponen Sistem Informasi
Sumber Daya / Aktifitas
Hardware & Netware
Software
SDM
DATA
Produk Informasi
Mesin
Media
Program
Prosedur
Spesialis
User
Input
PC NFC 486 Telepon
PC Workstation NFC 486 Jaringan Telepon (PSTN) LAN
MS Accses Windows NT
MS Accses, Program Reservasi
Operator shuttle express
Manager Suport Center, Pelanggan
Nama Pelanggan, rute mobil, data supir, data mobil van, tarif
Nama Pelanggan, rute mobil, data supir, data mobil van, tarif
Pemrosesan
Server (Digital Equipmen Alpha)    Prosesor AXP Ram 128 HDD 4 x 1,2 GB
Jaringan LAN
MS Accses Windows NT
MS Accses, Program Reservasi
Operator shuttle express
Manager Suport Center, Pelanggan
Nama Pelanggan, rute mobil, data supir, data mobil van, tarif
Nama Pelanggan, rute mobil, data supir, data mobil van, tarif
Output
Printer
Jaringan LAN
Windows NT
MS Accses, Program Reservasi
Operator shuttle express
Manager Suport Center, Pelanggan
Print out kertas tampilan di layar monitor
Nama Pelanggan, rute mobil, data supir, data mobil van, tarif
Penyimpanan
Server (Digital Equipmen Alpha)    Prosesor AXP Ram 128 HDD 4 x 1,2 GB
Jaringan LAN
Windows NT
MS Accses, Program Reservasi
Operator shuttle express
Manager Suport Center, Pelanggan
Data shuttle express tersimpan
Data akses lewat internet, informasi rute shuttle express
Pengendalian
Server (Digital Equipmen Alpha)    Prosesor AXP Ram 128 HDD 4 x 1,2 GB
Jaringan LAN
Windows NT
MS Accses, Program Reservasi
Operator shuttle express
Manager Suport Center, Pelanggan
Data dapat diolah berulang-ulang
Detail informasi (No. Reservasi, nama tamu, jadwal + jam antar jemput) informasi trip di pager driver laporan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar