4P+3P+1P (8P) MARKETING MIX
Menurut
William J. Stanton (1993:7) Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan
bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik
kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial. Berdasarkan definisi
tersebut dapat dilihat bahwa pemasaran terdiri dari empat unsur pokok kegiatan
yang sering dikenal sebagai 4P yaitu, Product
(produk), Price (Harga), Promotion (Promosi) dan Place (Tempat)
Pengertian
Bauran Pemasaran (Marketing Mix) menurut
Kotler (2005:17) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan oleh
perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran. Dari
definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan
seperangkat alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen
dalam mengambil keputusan.
Berikut ini
merupakan variabel-variabel dan penjelasan dalam Marketing Mix 4P+3P yang ditambahkan dengan 1P lagi dari hasil
diskusi dengan kelompok kami, yaitu:
1. Product:
barang atau jasa yang di tawarkan kepada konsumen, jika produk ini sangat
buruk dalam designnya, maka hal tersebut tidak akan menciptakan nilai yang
berarti bagi pelanggan, walaupun sisa dari 8p berjalan dengan baik.
2. Place :
berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan agar barang atau
produk tersebut dapat di akses dan tersedia bagi konsumennnya.
3. Price :
sejumlah uang yang harus dikeluarkan konsumen untuk memperoleh produk atau
barang yang diinginkan.
4. Promotion :
berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk berkomunikasi dan
promosi barang atau jasanya kepada target konsumennya.
5. Process : bagaimana cara perusahaan
dalam menyampaikan produk atau jasanya kepada konsumen secara langsung baik
prosedur dan proses.
6. Physical Evidence
: segala sesuatu bukti fisik perusahaan dalam mendukung produk atau jasa
yang di tawarkan. (gedung, kendaraan, peralatan, seragam karyawan).
7. People :
personil perusahaan yang secara konstan mengadakan kontak dengan konsumen
dimana konsumen akan menilai perolehan produk jasa yang diinginkan.
8. Performance : tingkat kepuasan pelanggan (customer satisfication) terhadap
produk atau jasa yang diuraikan sebagai berikut:
a.
Usaha produsen menarik konsumen untuk membeli produknya dan
berkomunikasi secara langsung, sebagai contoh penyanyi yang menjual 'experience'
dari penampilan panggungnya dan menarik perhatian penonton. Sehingga, penonton
memberi tepuk tangan dan menceritakan pengalaman mereka ke banyak orang
(konsumen merasa puas), atau
b. Tindakan produsen mengadakan event untuk mencitrakan produknya
dan melibatkan konsumen untuk berpartisipasi sebagai bagian meningkatkan
kepuasan konsumen.
Luar biasa sekali.hehehe
BalasHapusserius ini yang 8nya performance?
BalasHapusatau productivity dan quality?