Kamis, 29 Agustus 2013

4P+3P+1P (8P) MARKETING MIX


4P+3P+1P (8P) MARKETING MIX
Menurut William J. Stanton (1993:7) Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial. Berdasarkan definisi tersebut dapat dilihat bahwa pemasaran terdiri dari empat unsur pokok kegiatan yang sering dikenal sebagai 4P yaitu, Product (produk), Price (Harga), Promotion (Promosi) dan Place (Tempat)
Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix) menurut Kotler (2005:17) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan pemasaran di pasar sasaran. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan.
Berikut ini merupakan variabel-variabel dan penjelasan dalam Marketing Mix 4P+3P yang ditambahkan dengan 1P lagi dari hasil diskusi dengan kelompok kami, yaitu:
1.    Product: barang atau jasa yang di tawarkan kepada konsumen, jika produk ini sangat buruk dalam designnya, maka hal tersebut tidak akan menciptakan nilai yang berarti bagi pelanggan, walaupun sisa dari 8p berjalan dengan baik.

2.    Place : berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan agar barang atau produk tersebut dapat di akses dan tersedia bagi konsumennnya.

3.    Price : sejumlah uang yang harus dikeluarkan konsumen untuk memperoleh produk atau barang yang diinginkan.

4.    Promotion : berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk berkomunikasi dan promosi barang atau jasanya kepada target konsumennya.

5.     Process : bagaimana cara perusahaan dalam menyampaikan produk atau jasanya kepada konsumen secara langsung baik prosedur dan proses.

6.    Physical Evidence : segala sesuatu bukti fisik perusahaan dalam mendukung produk atau jasa yang di tawarkan. (gedung, kendaraan, peralatan, seragam karyawan).

7.    People : personil perusahaan yang secara konstan mengadakan kontak dengan konsumen dimana konsumen akan menilai perolehan produk jasa yang diinginkan.

8.  Performance : tingkat kepuasan pelanggan (customer satisfication) terhadap produk atau jasa yang diuraikan sebagai berikut:
a.     Usaha produsen menarik konsumen untuk membeli produknya dan berkomunikasi secara langsung, sebagai contoh penyanyi yang menjual 'experience' dari penampilan panggungnya dan menarik perhatian penonton. Sehingga, penonton memberi tepuk tangan dan menceritakan pengalaman mereka ke banyak orang (konsumen merasa puas), atau
b. Tindakan produsen mengadakan event untuk mencitrakan produknya dan melibatkan konsumen untuk berpartisipasi sebagai bagian meningkatkan kepuasan konsumen.

2 komentar: